BERITA INDEX BERITA

Dorothea Lange, Wartawati Foto Berpengaruh Amerika Bahkan Dunia

Inspirasi | DiLihat : 110 | Senin, 15 April 2024 | 06:15
Dorothea Lange, Wartawati Foto Berpengaruh Amerika Bahkan Dunia

PEREMPUAN ini merupakan salah satu fotografer dokumentasi terkenal di masanya dan berpengaruh di Amerika. Subyek dan karakter karyanya sering menggambarkan foto-foto kasih sayang terhadap orang lain yang mengalami penderitaan. Ia juga melakukan pengamatan mendalam terhadap penderitaan orang-orang lewat fotonya.

Foto-fotonya tak hanya mendokumentasikan seni tapi juga untuk meringankan beban penderitaan manusia lain. Baginya fotografi bukan tujuan itu sendiri, tapi menjadi sarana untuk menjelajah dunia sehingga bisa memperbaiki penderitaan-penderitaan itu.

Fotografer ternama di kalangan wanita ini berprofesi sebagai wartawati foto. Awalnya ia dikenal sebagai fotografer biasa, namun namanya mulai dikenal public setelah mengabadikan foto-foto era Depresi Besar untuk program Farm Security Adminstration (FSA). Lange banyak memotret para korban depresi besar secara manusiawi. Akhirnya aktivitasnya itu sangat mempengaruhi perkembangan bidang fotografi dokumenter.

Dorothea Lange lahir dari imigran kedua Jerman pada 26 Mei 1985 di Hoboken, New Jersey. Dia memiliki nama Dorothea Margaretta Nutzhorn saat lahir. Dia tak menggunakan nama tengahnya, lalu memilih menggunakan nama gadis ibunya setelah sang ayah meninggalkan keluarga di usia Lange yang ke-12 tahun.

Insiden ditinggalkan sang ayah itu membuat traumatis masa mudanya. Insiden lain yang membuatnya traumatis adalah kontraksi polio pada usia tujuh tahun. Kala itu belum ditemukan vaksin polio. Sehingga Lange sempat lumpuh. Bahkan sepanjang hidup kaki Lange tak bisa normal, saat berjalan ia pun pincang.

Lange mengikuti sekolah umum di New York. Pendidikan fotografi diperoleh Lange di kelas fotografi yang diajar oleh Clarence H White di New York. Setelah merasa bekalnya cukup, ia lalu magang secara informal di beberapa studio foto di New York. Termasuk studio milik Arnold Genthe. Pada 1918 ia pindah ke San Fransisco. Tahun berikutnya ia mencoba membuka studio foto. Studio itu cukup sukses.

Pada 1920 ia kemudian menikah dengan pelukis Maynard Dixon. Keduanya dikarunia dua orang anak laki-laki. Anak pertama lahir tahun 1925 dinamai Daniel Rhoades Dixon. Anak kedua lahir pada 1929 dan diberi nama John Eaglesfeather Dixon.

Setelah terjadi depresi besat pada 1929 kesuksesan studio fotonya mulai menurutn. Lange lalu membawa kameranya ke jalan-jalan. Ia mulai mengalihkan perhatiannya kepada orang-orang yang terjebak dalam perangkap kemiskinan, putus asa oleh kombinasi ekonomi yang runtuh, bencana alam dan keusangan teknologi.

Salah satu foto terbaik pertamanya yang kemudian dikenal luas adalah Malaikat Putih Breadline (1932). Lange memotret sekelompok pria pengangguran, namun gambarnya berpusat pada sosok tunggal seorang pria tua yang membungkuk di pagar. Pria itu memegang cangkir di antara tangannya. Foto itu menjadi salah satu yang paling awal pada dekade itu untuk menggambarkan nasib kehidupan Amerika yang terganggu oleh kesulitan ekonomi.

Beberapa karya lainnya kemudian dipamerkan di studio Oakland milik fotografer Williard Van Dyke. Pada waktu yang sama Lange juga memulai hubungan dengan paul S Taylor. Seorang sosiolog dan ekonomi dari Universitas California. Saat itu Paul tengah melakukan studi populasi pengungsi akibat masa sulit. Keduanya kemudian menikah pada 1935.

Hasil karya Lange semakin dikenal luas karena kualtiasnya. Dia kemudian diundang oleh Roy Stryker untuk bergabung di unit fotografi Farm Security Adminstration (FSA). Sang suami amat mendukung kegiatan Lange. Ia pun mengajari Lange mengenai sosial dan politik.

Selama lima tahun berikutnya keduanya bekerja sama membuat dokumentasi mengenai kemiskinan di pedesaan dan eksploitasi petani bagi hasil dan buruh migrant. Taylor mewawancarai mereka sambil mengumpulkan data ekonomi sementara Lange memotret.

Tugas Lange untuk FSA dari 1935 hingga 1939 adalah memberitakan kepada publik tentang adanya penderitaan orang miskin dan terlupakan. Terutama petani bagi hasil, keluarga petani terlantar dan pekerja migran. Hasilnya berupa foto-foto yang didistribusikan secar gratis ke banyak surat kabar di Amerika Serikat. Foto-foto Lange yang menyimpan kesedikan itu menjadi ikon era Depresi Besar Amerika Serikat.

Foto terbaik Lange yang lain adalah Migrant Mother (Ibu Migran). Wanita yang dipotretnya bernama Florence Owens Thompson. Foto itu menunjukkan seorang wanita yang menarik dan terlihat bermartabat. Namun memiliki kondisi yang sangat sulit. Kedua anaknya menutupi kedua sisinya. Hal itu menjadi gambaran kuat dan menjadi simbol kaum ibu.

Tahun 1941, lange mendapat Guggenheim Fellowship untuk keunggulan dalam fotografi. Setelah serangan Pearl Harbor ia tak memakai kesempatan beasiswa tersebut. Melainkan menerima tugas dari Otoritas Relokasi Perang (WRA). Tugasnya adalah memotret peristiwa ecakuasi paksa orang Jepang-Amerika ke kamp-kamp relokasi.

Lange meliput penginterniran orang Jepang-Amerika dan kehidupan dalam kamp-kamp relokasi. Terutama di Manzanar yang merupakan kamp interniran permanen yang pertama. Bagi sebagian pengamat foto Lange memperlihatkan anak-anak Jepang-Amerika bersumpah setia kepada bendera Amerika Serikat.

Sumpah itu dilakukan sebelum mereka dikirim ke kamp-kamp interniran. Foto Lange mengingatkan orang-orang pada mimpi buruk kebijakan menahan orang tanpa tuntutan pengadilan dan tanpa kesempatan naik banding.

Foto-foto Lange begitu kritis sehingga foto-fotonya disita oleh Angkatan Darat. Dokumentasi menfenai peristiwa penginterniran itu sekarang bisa dilihat di situs web divisi foto, arsip Amerika Serikat. Foto tersebut juga bisa dilihat di Perpusatakaan Bancroft, Universitas California, Berkeley.

 

Masuk dalam Museum Sejarah, Wanita dan Seni California

Tahun 1945 Lange diminta untuk menjadi dosen di departemen seni fotografi yang pertama di California School of Fine Arts (CSFA). Lange termasuk menjadi salah satu pendiri Aperture, sebuah majalah fotografi yang pertama terbit pada tahun 1952.

Pertengahan 1950-an Lange menerima tugas memotret dari majalah Life. Ia mendokumentasikan berakhirnya kota Montecillo, California. Penduduk kota terpaksa pindah sebelum kota tersebut tenggelam di dasar Danau Berryessa. Danau itu terbentuk setelah sungai Putah Creek dibendung. Foto-foto yang dibuatnya ternyata tak dimuat oleh Life. Lange kemudian menerbitkannya menjadi edisi khususAperture. Koleksi foto tersebut dipamerkan juga di Art Institute of Chicago pada 1960.

Selama dua puluh tahun masa tuanya, Lange memiliki kondisi kesehatan yang buruk. Ia menderita masalah lambung dan sindrom pasca polio. Lange kemudian terserang kanker esophagus dan membuatnya tak bisa bertahan hidup pada 11 Oktober 1965. Ia berpulang pada usia 70 tahun di Berkeley dan meninggalkan suami, Paul Taylor, dua orang anak kandung, tiga anak tiri serta cucu dan cicit.

Sebanyak 27 lembar foto karya Lange dipamerkan oleh Museum Whitney pada1972. Pameran berjudul Executive Order 9066 itu bertemakan penginterniran orang Jepang- Amerika selama Perang Dunia II.

Pada 28 Mei 2008, Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan ibu negara bagian Maria Shiver mengumumkan Lange sebagai salah seorang wanita yang diabadikan dalam California Hall of Fame. Penghargaan itu diberikan kepada orang dan keluarga legendaries di California. California Hall of Fame sendiri didirikan oleh Museum Sejarah, wanita dan Seni California.

 

 


Scroll to top