BERITA INDEX BERITA

SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta Raih 7 Medali OSN 2023

Ragam | DiLihat : 1133 | Rabu, 06 September 2023 | 09:52
 SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta Raih 7 Medali OSN 2023

JAKARTA - Siswa SMAN Unggulan MH Thamrin (MHT) Jakarta bersama sejumlah siswa dari sekolah lainnya di Ibu Kota sukses mengantarkan DKI Jakarta sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023.

OSN 2023 berlangsung di Bogor, Jawa Barat, mulai 27 Agustus-2 September 2023. Ajang ini digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Melansir laman Kemdikbudristek, siswa perwakilan DKI Jakarta berhasil memboyong sebanyak 17 medali emas, 30 medali perak, dan 24 medali perunggu. Perolehan tersebut menjadikan DKI Jakarta unggul dari provinsi lainnya.

Khusus SMAN Unggulan MHT tercatat meraih 7 medali, terdiri dari 1 medali emas persembahan Ghazanfar Wangsa Muhammad di cabang ilmu astronomi. Lalu 4 medali perak masing-masing atas nama M Fathirrazi Nafisandy (informatika), Syaqina Octavia Rizha (astronomi), Ahza Nadhif Feriansyah (kebumian), dan Fakhry Fatheen Abhinaya (kimia).

Kemudian, 2 medali perunggu yang dipersembahkan Haydar Yusfishiham (biologi) dan Clarissa Aurelia Nahid Saputra (fisika), serta satu penghargaan khusus Best Theory persembahan Clarissa Aurelia Nahid Saputra (fisika).

Kepala SMAN Unggulan MHT Bahari Lubis sangat bersyukur dengan pencapaian siswa didiknya dalam OSN tahun ini. “Hal ini menunjukkan bahwa kualitas sekolah MH Thamrin makin baik dan bertambah bagus dengan mencetak siswa-siswa berprestasi terutama di bidang sains,” kata dia, Selasa (5/9/2023).

Sementara itu, Ghazanfar Wangsa, siswa SMAN Unggulan MHT penerima medali emas astronomi mengaku tidak menyangka dan surprise dirinya bisa menang dan meraih medali emas. Ia juga bersyukur dengan bersekolah di SMAN Unggulan MHT semua info peluang lomba dan perguruan tinggi luar negeri terbuka.

"Setelah dapat medali yang pasti rasanya seneng, bangga, dan terharu. Tapi lebih dominan terharunya sih, karena perjuangan yang kami lakukan memang ga mudah dan sebentar," kata Ghazan seraya mengungkapkan, bahwa dirinya mendapatkan pelatihan lomba Olimpiade Astronomi di SMAN Unggulan MHT sejak kelas 10.

OSN merupakan ajang talenta untuk mengidentifikasi serta mengembangkan kompetensi peserta didik SD, SMP dan SMA pada bidang sains. Penyelenggaraan OSN melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini membuka ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

Adapun bidang lomba yang dikompetisikan pada OSN 2023, untuk jenjang SD/MI terdiri dari dua bidang lomba yaitu Matematika dan IPA, dan untuk jenjang SMP/MTs terdiri dari tiga bidang lomba yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Sementara untuk jenjang SMA/MA terdiri dari sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Dari 1.475 peserta OSN 2023 tingkat nasional dari 38 provinsi di Indonesia, 230 di antaranya merupakan peserta jenjang SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA. Di samping itu, terdapat 15 peserta dari lima Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yaitu SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Myanmar, SILN Saudi Arabia, dan SILN Den Haag-Belanda.

Selain mengikuti kompetisi, pada OSN 2023, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan wisata edukasi ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti di Komplek Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, dan juga Museum Zoologi. Di samping itu, para peserta, guru, dan masyarakat juga diberikan kesempatan untuk menyaksikan dan meneropong Super Blue Moon di SMA Negeri 7 Kota Bogor.


Scroll to top